Visi dan Misi
A. Visi
SDN 006 Sekupang mengusung visi:
“Terwujudnya generasi pelajar muda sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter, inovatif dan berprestasi”
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.
- Berkarakter, mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan.:Pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
- Mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan;
- Dirumuskan berdasar masukan dari berbagai warga satuan pendidikan dan pihak-pihak yang berkepentingan, selaras dengan visi institusi di atasnya serta visi pendidikan nasional;
- Diputuskan oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah dengan memperhatikan masukan komite sekolah/madrasah;
- Disosialisasikan kepada warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan;
- Ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat.
- Dijadikan sebagai cita-cita bersama warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datangterinspirasi keterampilan abad 21 (critical thingking and proplim solving, comunication, creativity and innovation, collaboration)
Berdasarkan analisis kondisi eksternal dan internal di Sekolah Dasar Negeri 006 Sekupang Kota Batam maka ditetapkan Visi, sebagai berikut:
”TERWUJUDNYA WARGA SEKOLAH YANG SEHAT, CERDAS, BERKARAKTER, BERBUDAYA, DAN BERWAWASAN GLOBAL MENUJU 2025”
B. Misi
Dalam upaya mengimplementasikan misi sekolah, SDN 006 Sekupang menjabarkan misi
sekolah sekolah (permendikbud nomor 57 tahun 2014) adalah sebagai berikut:
- Melaksanakan kurikulum secara baik dan benar kreatif (Creativity) kerja keras dan Kerja sama (collaboration) tanggung jawab,
- Dengan cara mengaktualisasikan rencana dan konsep kurikulum secara berkesinabungan dalam suatu sistim sehingga efektifitas sasaran bersinergi dengan komponen-kompenonen yang terlibat di dalamnya.
- Mengoptimalkan dan memberdayakan potensi guru dan siswa dalam pengembangan kurikulum (peduli sosial, kreatif, komunikatif/bersahabat, kerja keras)
- Dengan meningkatkan kualitas guru dengan mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi
- Mendorong serta membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif bernuansa PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
- Meningkatkan pengadaan dan manfaat sarana prasarana secara optimal (kreatif, komunikatif/bersahabat, tanggung jawab)
- Dengan merencanakan, menggunakan dan mengevaluasi sarana dan prasana yang ada sehingga sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan Pendidikan
- Menanamkan dan melaksanakan sikap disiplin bagi semua warga sekolah (disiplin, kerja keras, tanggung jawab)
- Mengimplementasikan budaya disipilin yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada dengan mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan.
- Menjamin kerja sama lintas sektoral di lingkungan sekolah.
- Melaksanakan secara rutin dan kontiniu kegiatan keagamaan untuk membentuk kepribadian yang memiliki dasar imtaq (religious, disiplin tanggung jawab)
- Dengan melaksanakan kegiatan ceramah agama , yasinan dan salawatan setiap hari jum’at
- Menerapkan prilaku terpuji dalam keseharian
- Menceritakan sejarah nabi besar Muhammad Saw dan para sahabat rasulullah
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil
SD NEGERI 006 SEKUPANG (Sekolah Ramah Anak) DINAS PENDIDIKAN KOTA BATAM NPSN : 11001557 Alamat : Gajah Mada Tiban Koperasi Kel.Tiban Baru Kec.Sekupang; Email : sdn06sekupang